Selasa, 10 Januari 2012

lingkungan bisnis


Lingkungan bisnis
lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
dalam hal ini lingkungan bisnis cuci steam di daerah perumahan yang padat membutuhkan tenaga serta modal yang cukup untuk membiayai kelangsungan bisnis cuci steam karena bisnis cuci steam cukup memiliki prospek yang cukup baik karena pada saat – saat musim hujan bisnis ini sangat memiliki banyak pelanggan terutama pengendara sepeda motor dalam lingkungan bisnis ini cuci steam dibutuhkan SDM yang cukup untuk mengerjakan cuci steam karena dengan adanya SDM  yang cukup maka pelanggan akan berminat untuk cuci steam karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama sehingga fasilitas – fasilitas yang dimiliki cuci steam dengan begitu akan mendatangkan untung yang cukup banyak. disamping itu, fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu tersedianya minuman dan tempat yang nyaman, pelanggan akan merasa puas akan fasilitas-fasilitas yang tersedia. begitu pun dengan harga cuci steam yang terjangkau oleh pelanggan maka bisnis ini akan cukup laris.
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :
Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.

A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material / bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.

B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Lingkungan Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi

Lingkungan bisnis menyangkut beberapa hal sebagai berikut : 

1. Lingkungan ekonomi
Lingkungan ekonomi yang menyangkut permintaan untuk produk yang akan dijual. Bagaimana permintaannya saat ini dan masa datang. Apakah permintaan terhadap produk tersebut akan meningkat atau malah menurun. 

2. Lingkungan industri
Lingkungan industri diperkirakan karena menyangkut persaingan yang akan dihadapi. Misalnya dalam satu daerah telah cukup banyak pedagang kaki lima, mungkin lebih baik membuat atau mendirikan usaha lain dengan modal yang lebih besar. 

3. Lingkungan global
Lingkungan global perlu dipertimbangkan karena globalisasi adalah hal yang tidak dapat ditolak. anda bisa memanfaatkan lingkungan global dengan menggunakan internet untuk mendirikan perusahaan atau berjualan di internet (internet marketing). banyak kebutuhan global yang bisa anda penuhi, misalnya menjual buku di internet, dan menjual jasa perbaikan melalui internet. Internet menjadikan dunia tanpa batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar